Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bersama Bagian Kesra Setda Kota Mojokerto Sukses Gelar Festival Bakar Sate 2024

Mojokerto – News PATROLI. COM –

Setelah sukses mengelar Kirab Mojobangkit, Minggu ( 15 / 06 / 2024 ) lalu, Kini Dinas Pendidikan dan Kebudayaan ( Dikbud ) Kota Mojokerto bekerja sama dengan Bagian Kesra Setda Kota Mojokerto kembali mengelar Festival Bakar Sate 2024 di Halaman GOR Seni Mojopahit, Senin ( 16 / 06 / 2025 ) malam yang berlangsung sukses dan lancar.

Sementara itu PLt. Kepala Dinas ( Dikbud ) Kota Mojokerto H. Ruby Hartoyo, SE, MM, kepada media ini disela – sela acara menyebutkan bahwa Event tahunan yang selalu diadakan pada Hari Raya Idul Adha ini, Tak sekadar makan sate gratis saja yang melibatkan ribuan banyak massa saja, akan tetapi festival Bakar Sate ini juga menyuguhkan keragaman seni budaya kepada para pengunjung yang datang dari berbagai penjuru itu.

Festival Bakar Sate ini kata pria yang akrab disapa Pak Ruby termasuk unik dan menarik. Sebab puluhan stan yang berbaris membentuk huruf U mengitari GOR Seni Majapahit, merupakan peserta Festival Bakar Sate Yang terdiri dari, OPD Pemkot Mojokerto, 18 kelurahan, SMPN di Kota Mojokerto, Hotel , Dharma Wanita, PKK, Bank Jatim, dan Muslimat NU Kota Mojokerto.

Dan , para pesertanya ada yang tampil dengan gaya Kerajaan Majapahit, lengkap dengan kostum Raja dan Patih Gajahmada. Ada juga yang mengenakan kostum sapi, juga ada yang mengenakan kostum domba. Begitu juga dengan desain stand juga beraneka ragam, termasuk Dikbud Kota Mojokerto yang menampilkan kesenian tradisional jaran kepang ( kuda lumping).

PLt. Kepala Dikbud Kota Mojokerto H. Ruby Hartoyo dengan SMPN yang mendapatkan juara Harapan 1 pada Festival Bakar Sate

Menariknya Festival Bakar Sate di Halaman GOR Seni Mojopahit ini langsung ditinjau oleh Pj. Walikota Mojokerto Moch. Ali Kuncoro STTP didampingi Kapolres Kota Mojokerto AKBP Daniel S Marunduri, dan Sekdakot Gaguk Tri Prasetyo.

Sedangkan di depan masing-masing stan ada pemanggang sate. Sehingga para peserta sibuk memanggang dan menghias sate.

Selanjutnya, sate dari setiap stan dikumpulkan di tenda khusus untuk dinilai tim juri. Sebagian lainnya disuguhkan kepada pengunjung secara gratis.
Tidak hanya adu cita rasa dan kreasi bagi para peserta festival, ribuan sate gratis juga dibagikan kepada warga yang hadir.

Sontak, hal ini menjadi magnet tersendiri bagi warga masyarakat Kota Mojokerto.

Pak Ruby juga, mengatakan dirinya melihat situasi di stan para peserta yang tampil di Festival Bakar Sate di halaman GOR Seni Mojopahit malam ini terlihat begitu antusias dan luar biasa semangat nya. ” Suara gemuruh yel yel dan suara musik tradisional terus bergema , tak henti hentinya bersahut sahutan selama Festival Bakar Sate ini berlangsung.

Dirinya yang merupakan bagian dari Penyelenggara Festival Bakar Sate ini sangat mengapresiasi para peserta yang tampil terlihat guyub rukun dan semangat kebersamaan.
” Melihat antusias para peserta yang menggunakan kostum patih Gajahmada sampai Raja Majapahit, ini menunjukkan kebanggan tersendiri, dan situasi rukun semacam ini bisa terus digelar. Sebab kegiatan ini juga bisa meningkatkan rasa cinta warga pada Kota Mojokerto.

Dalam Festival Bakar Sate ini, kata Pak Ruby juga dilombakan berbagai kategori, diantaranya yel-yel terbaik, kostum terbaik, Dekorasi terbaik, serta rasa sate terlezat, dan para pengunjung juga disuguhi beragam seni budaya, Yel Yel, dengan kostum yang unik unik seperti jaman kerajaan.

Bahkan Setiap stan didesain estetis ( Didekorasi ) dengan gaya Majapahit, ada yang memakai desain ala Pedesaan, gaya Eropa dan Arab, begitu juga dengan pakaian menyesuaikan dengan tema- nya masing-masing.

Sementara itu Pj. Walikota Mojokerto yang akrab disapa Mas PJ Ali Kuncoro ini dalam sambutannya mengatakan, bahwa dirinya sangat mengapresiasi Festival Bakar Sate ini yang begitu luar biasa meriahnya. ” Saya melihat Festival bakar Sate yang merupakan rangkaian salah satu perayaan HUT ke-106 Kota Mojokerto ini begitu mengesankan. Saya berharap, Semoga ini menjadi event tahunan yang tidak hanya dinikmati masyarakat Kota Mojokerto, tapi juga naik kelas bisa dinikmati secara Regional dan Nasional,” ucap Mas Pj Ali Kuncoro yang disampaikan tepuk tangan meriah para undangan dan masyarakat.

Untuk mencapai hal tersebut, Mas PJ Ali Kuncoro minta peran utama Pemkot Mojokerto agar menganggarkan dengan baik, menata event dengan lebih detail, serta menggandeng sponsor agar lebih semarak.

Dalam kesempatan itu Mas Pj juga berharap Festival Bakar Sate ini menjadi Ikon Baru yang mampu mendongkrak perekonomian masyarakat di Kota Mojokerto. ” Sebab berdasarkan survei Travel and Tourist Development Index, Indonesia naik kelas, saat ini peringkat 22 dunia yang paling dikunjungi. Thailand dan Malaysia di bawah Indonesia. Harapan kami Kota Mojokerto memberi kontribusi. Sehingga sesuai tema hari jadi tahun ini Menuju Kota Wisata Sejarah Mandiri Berdaya Saing dan Berdampak,” pinta Mas PJ Ali Kuncoro.

Dalam kesempatan tersebut Mas Pj ini juga menyinggung tentang nilai-nilai Hari Raya Idul Adha. Menurutnya, hari raya ini untuk meneladani kepatuhan dan keimanan Nabi Ibrahim AS kepada Allah SWT yakni rela menyembelih putranya, Nabi Ismail AS yang akhirnya diganti domba oleh Sang Khalik, dan ini harus kita tauladani dalam kehidupan sehari-hari, ” pinta Mas PJ Ali Kuncoro.

Dijelaskan oleh Mas Pj Ali Kuncoro, bahwa setiap diri kita adalah Ibrahim. Ismailnya adalah sifat-sifat kita yang mungkin penuh dengan dengki, ingin memiliki harta berlebihan, egois, itu yang harus kita kurangi, kita sembelih. Itu lah makna Idul Adha ada kurban. ” Mari kita teladani Nabi Ibrahim karena setiap milik kita hanya titipan Alloh SWT yang kita jaga dan syukuri, ” tegas Mas PJ.

Sementara itu Keluar Sebagai Juara Umum Festival Bakar Sate tahun 2024 ini jatuh kepada Peserta dari Tim Penggerak PKK Kota Mojokerto, yang berhak menerima piala dan Trophy dari Mas Pj didampingi Ibu. Sedangkan untuk katagori Juara 1 Festival Bakar Sate tingkat OPD dengan hidangan Sate terlezat diraih Diskoperindag Kota Mojokerto, tingkat OPD Kota Mojokerto . (ADV/Kartono ).

Baca juga berita lainnya di  Google News
https://www.newspatroli.com/jawa-timur/mojokerto/dinas-pendidikan-dan-kebudayaan-bersama-bagian-kesra-setda-kota-mojokerto-sukses-gelar-festival-bakar-sate-2024/?utm_source=dlvr.it&utm_medium=wordpress

Leave a comment

Design a site like this with WordPress.com
Get started